Creative Outdoor Billboard

0 Comments


Creative Outdoor Billboard: Keripik Nangka
Oleh: Vania Alya Putri (1506720772)

Penjelasan:
  • ·         Pendekatan strategi kreatif yang saya pilih untuk konsep Outdoor Billboard ini adalah Strategi Generik dengan penekanan pada Diferensiasi Produk, yang mana menonjolkan perbedaan yang mencolok antara brand dan pesaingnya, namun tidak secara superior. Perbedaan utama antara produk Keripik Nangka dengan pesaingnya terletak pada proses pengolahan sehat yang coba ditawarkannya. Berbeda dengan pesaing yang diilustrasikan pada billboard diatas, meskipun memiliki rasa yang sama-sama enak, namun keripik Nangka jauh lebih baik dalam hal kualitas dan kesehatan.
  • ·         Ide kreatif atau Big Idea yang coba saya sampaikan pada Billboard ini adalah “Keripik Nangka merupakan snack ringan sehat namun tetap memiliki rasa yang enak, bahkan seenak junk food”. Selanjutnya, konsep yang saya gunakan untuk menyampaikan pesan tersebut adalah dengan membuat ilustrasi dari Keripik Nangka yang menggunakan packaging dari salah satu brand fast food yang populer dengan warna merahnya tersebut. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada audiens bahwa Keripik Nangka memiliki rasa yang enak, seenak brand fast food terkemuka tersebut. Selain itu, ilustrasi diatas juga didukung dengan copywriting yang semakin mempertegas bahwa Keripik Nangka memang memiliki rasa yang enak, namun tetap merupakan snack ringan yang baik untuk kesehatan
  • ·         Bahasa yang saya pilih adalah bahasa Inggris, karena segmentasi audiens mengenah keatas yang coba dijangkau oleh branding baru dari Keripik Nangka ‘Jackfruit Chips’ ini. Pemilihan konsep ini juga bertujuan untuk semakin menggeser pandangan audiens mengenai keripik Nangka yang hanya merupakan makanan oleh-oleh tradisional menjadi Keripik Nangka yang merupakan snack ringan sehat modern yang dapat di konsumsi untuk sehari-hari. Selain itu, bahasa Inggris dipilih juga karena sifatnya yang Universal sehingga diharapkan juga dapat menarik perhatian warga asing yang sekedar berlibur.
  • ·         Elemen-elemen utama yang terdapat dalam Billboard antara lain adalah ilustrasi Keripik Nangka dalam packaging fast food, Copywriting penjelasan singkat, Logo dari branding baru Keripik Nangka “Jackfruit Chips”, dan Logo 100% Cinta Indonesia, yang melambangkan bahwa produk ini merupakan produk asli Indonesia. Elemen yang terdapat dalam Billboard ini sengaja dibuat sederhana dan terfokus pada elemen utama yaitu ilustrasi Keripik Nangka didalam packaging Merah tersebut. Hal ini mempertimbangkan alasan bahwa biasanya sebuah Billboard dipasang pada jalan raya yang sibuk, yang mana para pengendara mobil/motor tidak akan memiliki waktu banyak untuk memperhatikan sebuah Billboard. Alasan yang sama juga berlaku pada mengapa Copywriting saya buat sesingkat mungkin agar audiens dapat langsung menerima pesan di Billboard dan menginterpretasikannya kemudian.
  • ·         Typografi yang digunakan dalam Billboard saya pilih untuk sederhana namun tetap balance, yang mana ‘berat’ disebelah kanan untuk menyeimbangi gambar yang besar di sebelah kiri. Font yang saya gunakan adalah Brandon Printed untuk memberikan kesan raw dan industrial, yang juga selaras dengan logo brand.
  • ·         Warna yang saya pilih untuk Billboard ini adalah warna Hijau dengan sedikit gradient untuk background, karena Hijau merupakan warna komplementer dari warna Merah, yang mana merupakan warna dari packaging fast food yang saya pilih. Selanjutnya saya memilih warna sederhana Putih untuk tagline dari Billboard agar memudahkan audiens untuk menangkap dan membaca pesan. Logo memiliki warna Hitam, untuk memberikan keserasian dengan warna Putih dan karena mudah dibaca.
  •  



You may also like

No comments: